Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)
Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)
Selamat datang tahun ajaran baru 2024/2025 di Madrasah! Kami berkomitmen menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan Islami, bebas dari bullying dan intoleransi. Mari sambut dengan semangat positif dan optimisme!

Contoh Proposal Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Pada Awal Tahun Ajaran Baru

InsyaAllah, pada hari Senin, 15 Juli 2024, para peserta didik akan memasuki tahun ajaran baru 2024/2025 di lingkungan Madrasah. Dengan penuh harapan dan semangat, kita akan memulai perjalanan pendidikan baru yang penuh makna ini. Dalam momen penting ini, penting bagi kita semua untuk bersama-sama menciptakan lingkungan madrasah yang aman, nyaman, dan penuh kasih sayang.


Sebagai bagian dari pengenalan lingkungan madrasah, kami ingin menegaskan komitmen kami untuk menghentikan segala bentuk bullying, kekerasan, dan pelecehan seksual—baik yang bersifat verbal maupun non-verbal. Lingkungan yang bebas dari intoleransi adalah kunci untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan setiap individu.


Mari kita bersama-sama menciptakan atmosfer madrasah yang "happy, fun, dan islami." Dengan suasana yang menyenangkan dan sesuai dengan nilai-nilai Islami, kita dapat memastikan bahwa setiap siswa merasa diterima, dihargai, dan terdorong untuk berkembang dengan baik. 


InsyaAllah, setiap langkah yang kita ambil dalam menciptakan lingkungan ini akan mendapatkan berkah. Dengan tekad yang bulat dan kerjasama yang solid, kita akan mampu membangun komunitas madrasah yang harmonis dan penuh semangat.


Tataplah masa depan dengan penuh optimisme. Dengan keyakinan dan usaha yang konsisten, kita akan mampu menghadapi segala tantangan dan meraih sukses bersama. Selamat memasuki tahun ajaran baru, semoga Allah SWT memberkahi setiap usaha dan langkah kita.

Ini adalah salah satu contoh Proposal MATSAMA: 

Pendahuluan


Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) adalah sebuah fase orientasi yang sangat penting untuk siswa baru di awal tahun ajaran. Kegiatan ini dirancang untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan madrasah serta menciptakan pengalaman pertama yang menyenangkan dan berkesan. Dengan MATSAMA, diharapkan siswa baru akan merasa nyaman, bahagia, dan siap secara mental menghadapi pembelajaran di tempat yang baru.


MATSAMA diterapkan di semua jenjang pendidikan madrasah, yaitu Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Selain sebagai perkenalan, MATSAMA juga berfungsi sebagai jembatan transisi yang mempersiapkan siswa untuk menghadapi proses pembelajaran dengan penuh semangat dan kesiapan mental.


Pelaksanaan MATSAMA harus mengikuti pedoman yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 serta petunjuk teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, guna memastikan bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang positif dan berkesan bagi siswa baru.

Tujuan

Pelaksanaan MATSAMA memiliki beberapa tujuan penting sebagai berikut:

1. Pengenalan Lingkungan Belajar:

   - Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan madrasah.

   - Mengurangi rasa cemas siswa dan memudahkan penyesuaian diri dalam proses pembelajaran.

2. Membangun Kebanggaan:

   - Menumbuhkan rasa bangga terhadap madrasah.

   - Memahami dan mencintai nilai-nilai madrasah serta menjaga nama baik almamater.

3. Nilai Moderasi Beragama:

   - Memperkenalkan nilai-nilai moderasi beragama.

   - Menanamkan budaya inklusif, anti kekerasan, dan sikap menghargai harkat kemanusiaan.

4. Pola Hidup Sehat dan Disiplin:

   - Mengajarkan pola hidup bersih, sehat, dan halal.

   - Menumbuhkan sikap disiplin, tanggung jawab, dan mental berprestasi.

Materi

Materi MATSAMA disusun untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut dengan rincian sebagai berikut:

1. Kemadrasahan:

   - Profil Singkat Madrasah: Visi, misi, dan keunggulan madrasah.

   - Fasilitas dan Infrastruktur: Sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran.

   - Perkenalan Guru dan Tenaga Kependidikan: Mengenalkan guru dan staf lainnya.

   - Kegiatan Ekstrakurikuler dan Organisasi Kesiswaan: Menampilkan kegiatan tambahan.

2. Nilai-Nilai Madrasah:

   - Orientasi Ibadah: Integrasi ibadah dalam proses belajar mengajar.

   - Tata Tertib: Penjelasan tentang tata tertib madrasah.

   - Akhlak dan Tata Krama: Pengajaran akhlak dalam interaksi sehari-hari dan media sosial.

   - Penyesuaian Pembelajaran: Cara beradaptasi dengan proses pembelajaran di madrasah.

3. Madrasah-ku Surgaku:

   - Tindakan Bullying dan Kekerasan: Pengenalan dan pencegahan.

   - Pelecehan Seksual: Pengenalan dan pencegahan.

   - Bahaya Rokok dan Narkoba: Penjelasan bahaya dan cara menghindari.

   - Pelapor dan Pelopor: Cara menjadi pelapor dan pelopor untuk mencegah tindakan negatif.

4. Moderasi Beragama:

   - Komitmen Kebangsaan: Pengenalan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan UUD 1945.

   - Toleransi: Menghargai perbedaan dan orang lain.

   - Anti Kekerasan: Mencegah kekerasan dalam memperjuangkan kebenaran.

   - Akomodasi Budaya: Menghargai budaya dan kearifan lokal.

5. Budaya dan Kebiasaan di Madrasah:

   - Pola Hidup Bersih dan Sehat: Pendidikan tentang hidup sehat dan halal.

   - Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab: Pembentukan sikap jujur dan bertanggung jawab.

   - Mental Tangguh dan Berprestasi: Pengembangan mental yang kuat dan berorientasi pada prestasi.

Pengembangan Materi oleh Satuan Madrasah

Dalam pengembangan materi MATSAMA, beberapa hal penting harus diperhatikan:

1. Kekhasan Madrasah: Penyesuaian materi dengan kekhasan masing-masing madrasah, seperti madrasah berasrama atau inklusi.

2. Kerja Sama dengan Narasumber: Mengundang narasumber seperti alumni berprestasi, anggota TNI/Polri, atau motivator untuk menambah nilai kegiatan.

3. Penyesuaian Materi: Sesuaikan materi dengan perkembangan siswa di jenjang MTs dan MA serta kebutuhan transisi dari PAUD/RA ke MI.

4. Referensi Panduan: Mengacu pada panduan dan modul dari Kemendikbud Ristek serta juknis dari Peraturan Menteri Agama.

5. Metode dan Pengelolaan: Menggunakan metode penyampaian materi yang menyenangkan dan sesuai dengan nilai madrasah.

6. Pengisian Profil Belajar Siswa (PBS): Memanfaatkan PBS untuk memahami karakteristik dan kebutuhan belajar siswa.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

- Durasi: MATSAMA dilaksanakan selama sekurang-kurangnya tiga hari pada minggu pertama tahun pelajaran, dengan opsi tambahan sesuai kebutuhan.

- Tempat: Dilaksanakan di lingkungan madrasah pada jam pelajaran.

- Madrasah Khusus: Untuk madrasah berasrama atau pondok pesantren, penyesuaian jadwal MATSAMA perlu dilakukan dan dilaporkan kepada Kantor Kementerian Agama.

Tanggung Jawab Pelaksanaan

1. Kepala Madrasah: Bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi MATSAMA.

2. Perencanaan: Harus disampaikan kepada orang tua/wali saat lapor diri siswa baru.

3. Pengawasan dan Evaluasi: Madrasah wajib mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan untuk memastikan efektivitasnya.

Ketentuan Pelaksanaan

1. Perencanaan dan Penyelenggaraan: Harus melibatkan hak guru dan memperhatikan resiko, dengan kegiatan yang sesuai nilai pendidikan.

2. Larangan: Menghindari perpeloncoan, kekerasan, pergaulan bebas, dan tindakan tidak etis. Dana BOS harus digunakan sesuai peraturan tanpa pungutan biaya tambahan.

3. Kegiatan dan Atribut: Menghindari atribut atau kegiatan yang tidak sesuai dengan pembelajaran.

Sanksi

1. Untuk Siswa: Teguran tertulis dan tindakan edukatif.

2. Untuk Kepala Madrasah: Teguran tertulis, penundaan hak, atau pemberhentian sementara.

3. Untuk Madrasah: Pemberhentian bantuan pemerintah jika melanggar ketentuan.

4. Untuk Pelanggaran Berat: Pemberhentian bantuan pemerintah atau rekomendasi peninjauan akreditasi.

Lain-lain

Siswa yang tidak dapat mengikuti MATSAMA karena alasan tertentu harus melaporkan kepada panitia dan madrasah.

Penutup

Proposal ini disusun untuk menjadi panduan dalam pelaksanaan MATSAMA, dengan memastikan prinsip keamanan, kenyamanan, dan nilai-nilai madrasah dijaga. Kami berharap semua pihak dapat menerapkan pedoman ini dengan baik untuk menyiapkan siswa-siswi madrasah yang mandiri dan berprestasi. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan keberkahan dalam setiap usaha ini.

Contoh: Rundown Acara MATSAMA di MI Tahun 2024/2025: Sambut Tahun Ajaran Baru dengan Ceria dan Bersemangat!

Besok, hari Senin, 15 Juli 2024, akan menjadi hari yang istimewa di Madrasah Ibtidaiya . Hari itu menandai dimulainya tahun pelajaran baru dan menjadi awal dari Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi siswa-siswa baru yang memulai perjalanan pendidikan mereka di madrasah ini. MATSAMA adalah program orientasi yang dirancang untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan memulai tahun ajaran dengan penuh semangat.


Pagi hari dimulai dengan upacara bendera yang akan berlangsung dari pukul 07.00 hingga 07.30 WIB. Upacara ini akan dipimpin oleh Tim Upacara dan menjadi momen penting untuk menandai pembukaan resmi tahun ajaran baru. Acara ini bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan dan nasionalisme di kalangan siswa.


Setelah upacara, pada pukul 07.30 WIB, MC akan memandu sesi perkenalan para guru dan kegiatan ice breaking. Sesi ini dirancang untuk mengenalkan wajah-wajah baru di sekolah dan membantu siswa merasa lebih nyaman. Ice breaking akan menciptakan suasana yang santai dan akrab, sehingga siswa dapat mulai berkenalan dengan teman-teman baru mereka dengan lebih mudah.


Pukul 08.00 WIB, kegiatan akan dilanjutkan dengan pembukaan resmi MATSAMA. Acara ini akan diisi oleh penampilan Paduan Suara, yang akan menyambut semua hadirin dengan lagu-lagu ceria. Diikuti dengan doa yang dipimpin oleh Komite dan Pak Irpan, acara ini juga akan menyertakan sambutan dari Kepala Madrasah, Bu Hj. Ema Julaeha, serta sambutan dari Bapak Pengawas, Pak Muslikhin. Acara simbolis seperti gunting pita dan pelepasan balon akan dilakukan oleh Kepala Madrasah, Pengawas, MPSI, dan Komite, menandai peluncuran resmi tahun ajaran baru.


Setelah itu, pukul 09.00 WIB, perwakilan orang tua akan melakukan serah terima anak didik kepada pihak sekolah. Proses ini diikuti dengan penandatanganan berita acara oleh Komite, yang menandakan bahwa siswa resmi menjadi bagian dari komunitas Madrasah Ibtidaiyah.Acara hari pertama ini ditutup dengan sesi pengenalan lingkungan sekolah, yang akan dipandu oleh Wali kelas 1 pada pukul 09.00 hingga 09.30 WIB. Siswa akan diajak berkeliling untuk mengenal berbagai fasilitas dan area belajar di madrasah, sehingga mereka dapat merasa lebih familiar dan siap menghadapi kegiatan belajar yang akan datang.


Dengan beragam kegiatan yang direncanakan, MATSAMA diharapkan dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan membantu siswa baru beradaptasi dengan cepat di lingkungan madrasah. Selamat datang kepada semua siswa baru! Semoga tahun ajaran ini penuh dengan kebahagiaan, pengetahuan, dan prestasi.